Pengalaman Si Kalap Mata

18 Juni 2013


*back to -aku-

Belanja online? Apa sih belanja online itu? Apa kemudahan yang bisa didapat dari belanja online ini? Bagaimana melakukan transaksi online yang aman? Yuk disimak postingan kali ini.... karena disini aku akan membahas topik tersebut. NOW! (~‾ ▽‾)~

Menurutku, belanja online adalah suatu kemudahan bagi pembeli dalam bertransaksi. Jadi pembeli tidak perlu mengantre panjang di kasir untuk mendapatkan barang yang diinginkannya ataupun tidak perlu repot repot hunting ke sana ke mari untuk mendapatkan barang incarannya. Sekarang jaman sudah canggih! Sudah ada internet, tinggal berkutat dengan jari-jari menekan keyboard dan tadaaaa! Searching --> dapat onlineshop yang sesuai dengan keinginan --> ikuti tata cara pembelian (setiap onlineshop biasanya mempunyai tata transaksi yang berbeda) --> transfer --> konfirmasi pembayaran --> konfirmasi pengiriman --> selamat menunggu barang tiba!

Perkenalanku dengan internet memang sudah dari kelas 6 SD. *ciyusss loh* Namun kalau sama 'belanja online' baru dimulai saat kelas 3 SMP. Awalnya aku mupeng melihat produk keripik yang menggugah hasratku. Pertamanya cuma lihat-lihat doang, barangkali kalau dilihat terus menerus tiba-tiba bisa kenyang dengan sendirinya. Ternyata tidak! Aku malah ingin membelinya. Bermodalkan kartu ATM yang baru kuterima plus sudah dapat ijin pasrah dari ortu, akhirnya aku coba bertransaksi sendiri. Pertama kali, aku masih grogi dan bingung, kayak mana transfernya, kalau udah harus apa. Tetapi akhirnya sekarang aku udah mulai jago dalam hal ini.


Semenjak berbelanja secara online, aku mulai jadi kalap mata. Bahkan aku pernah jadi 'buyer usil' sampai hampir diblacklist sama seller tapi itu sekali dan udah nggak pernah lagi. Selama ini, alhamdulillah...aku belum pernah mengalami kejadian seperti ditipu sama seller. Tapi pernah sih sekali beli komik tapi sampai sini kurang memuaskan. Tapi, overall dengan adanya belanja online ini, aku lebih mudah bertransaksi tanpa perlu capek capek keliling.

Kebanyakan aku memang di sosial media. Tapi terakhir kali belanja online sekaligus pertama kalinya belanja online di website, aku beli novel di www.leutikaprio.com. Aku beli di website tersebut karena novel yang kuincar memang ada disana. Kemudahan yang aku dapatkan dari sini adalah selain nggak perlu keluarin tenaga ekstra untuk mendapatkan buku yang kuincar, transaksinya lebih mudah plus aku dapat free ongkir setiap pembelian diatas 90ribu. Kendalanya sih harus bersabar menunggu karena sistemnya setiap ada yang mesan baru dicetak.  Oh ya, aku mendapatkan informasi tentang belanja online mulanya dari facebook dan dari mulut ke mulut.

Bagaimana melakukan transaksi online yang aman?
* Pastikan onlineshop tersebut menyediakan barang yang benar-benar ada (ready stock). Kalau barangnya pre-order pastikan onlineshop itu dapat dipercaya.
* Lihat testimonial dari pembeli-pembelinya.
* Pastikan si seller meninggalkan nomor kontak yang bisa dihubungi.
* Jika masih ragu, (kalau di kaskus sih) ada yang namanya rekber alias pihak ketiga. Jadi kita transfer ke rekber, kalau barang sudah sampai, kita tinggal konfirmasi ke rekber untuk rekber meneruskan dananya ke seller.

Intinya sih berbelanja online itu tentu ada kelebihan dan kekurangannya. Kalau soal kekurangan, salah satunya bisa bikin kalap mata. ƪ(‾.‾“)┐‎

Sekian.


*sumber gambar:
http://ictwatch.com/internetsehat/wp-content/uploads/2012/06/shopping.jpg
http://4.bp.blogspot.com/_Ld0_EurdZ_s/TUraovoRigI/AAAAAAAACwE/veMYZGjqhbA/s400/mr-krabs-spongebob.jpg




14 komentar:

  1. Terima kasih sudah berpartisipasi dalam Arr Rian's Giveaway

    Yes! tercatat sebagai peserta. :D

    BalasHapus
  2. jngan lupa mampir di blog saya ya.

    http://pekalongan-pasaribu.blogspot.com

    BalasHapus
  3. good luck ya giveaway nya. kalau aku sih kadang2 aja belanja OL nya, tapi seneng banget liatin barang2nya meski gak beli, hehehe... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama, kak Indi. :D Kadang aku juga gitu. Biar kenyang mata aja (?)

      Hapus
  4. Yosh!
    memang perlu kehatian dan cermat kalo belanja online... soalnya sellernya tidak keliatan :D

    //emangnya jin... :hammer:

    BalasHapus
    Balasan
    1. Namanya juga online, ya pastinya ga keliatan sellernya :malu:

      Hapus
  5. yang penting adalah mendahulukuan kebutuhan bukan keingnan

    BalasHapus
  6. mesti hati2 jg bro klo mw beli2 di online shop. klo ga hati2 mah siap2 aja kena penipuan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa, betul sekaliiii tuh! :D Kudu hati-hati kalau belanja via onlineshop.

      Hapus
  7. pengalaman saya sih belanja online aman2 saja, tapi tetap mesti di ek baik2 dulu sellernya.komunikasi lewat telpn untuk meyakinkan kita..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada banyak tips kok supaya belanja online bisa berjalan aman ;) Salah satunya yang sudah agan bilang itu.

      Hapus
  8. beli barang2 dari luar negri pernah kagak secara online?

    kalimattakbermakna.blogspot.com

    BalasHapus

Tinggalkan jejak yuk ^^ Jangan pelit- pelit~ ❤