Ini Target Saya!

29 Desember 2013

Saking banyaknya pilihan jurusan, saya jadi suka galau. Galau mau dibawa kemana arah langkah ini menuju masa depan. Dilema? Pasti! Selalu ada di benak saya "aduh... takut salah jurusan" ataupun kata-kata yang membuat saya semakin drop. Ditambah lagi saya sempat bingung tentang minat dan bakat saya sendiri. Haduh... kacaunya! Padahal sudah 17 tahun lebih saya hidup tetapi masih tidak tahu tentang sisi luar dalam diri saya sendiri. Payah!

Sebenarnya saya masih suka menerka-nerka mengenai bakat dan minat saya. Karena keraguan inilah, saya mencoba untuk mengikuti tes psikologis dari suatu lembaga psikologis supaya lebih pasti. Tes psikologis kali ini bukan untuk menentukan jurusan IPA atau IPS yang akan saya tempuh di SMA, kalau itu mah saya sudah dapat jawabannya. Kalau yang ini, untuk menentukan jurusan apakah yang 'sebaiknya' saya ambil di perguruan tinggi nantinya. Ada beberapa tahapan yang harus saya lalui selama berlangsungnya tes ini, seperti tes berhitung, tes gambar, dan lainnya. Serta tak luput ketinggalan, saya harus mengisi beberapa data yang dibutuhkan dan pilihan jurusan yang saya minati.

Waktu disuruh menuliskan jurusan yang saya minati, saya menuliskan tiga jurusan ini:
1. Ilmu Informasi dan Perpustakaan
2. Desain Komunikasi Visual
3. Administrasi Perkantoran

dan setelah menunggu sebulan lebih, hasil pemeriksaan psikologisnya pun keluar. Saya sempat deg deg an saat pertama kali merobek amplop dan mengeluarkan isi di dalamnya. Sebenarnya sih ini bersifat rahasia tapi saya ingin berbagi terlebih untuk diri saya sendiri.

Hasilnya adalah .....
IQ saya turun menjadi 115. Sebelumnya saat saya tes psikologis dalam rangka penentuan jurusan di SMA, IQ saya 118 dan di sini IQ saya turun. Saya tidak mempermasalahkan hal tersebut.
Lalu saya membaca kritik dan saran untuk saya di lembaran itu. *ini bagian yang paling saya sukai*
"Kapasitas intelektual Selvia tergolong diatas rata-rata. Kemampuannya dalam mengingat cukup menonjol, demikian pula dalam berhitung secara teoritis. Ia memiliki potensi kreativitas yang cukup kuat, yang turut menunjang kemampuannya dalam menghasilkan ide/gagasan yang kreatif. Ia dapat secara spontan memunculkan gagasan yang tidak terpikirkan oleh orang lain yang potensial menjadi suatu terobosan baru. Namun demikian ia pun senang berpikir analitis, mengumpulkan dan mempertimbangkan berbagai data sebelum membuat keputusan. Ia cukup memiliki kepekaan dalam menangkap inti suatu persoalan dan membuat kesimpulan yang cukup tepat. Saat bekerja di dalam kelompok, ia cenderung memilih menjadi pengikut yang dapat diandalkan daripada menjadi pemimpinnya. Ia lebih nyaman menjadi analis atau perancang strategi dari kelompok. Mempertimbangkan kapasitas dan minatnya, Selvia disarankan untuk memilih jurusan 1.) Desain Komunikasi Visual, 2.) Ilmu Informasi & Perpustakaan. Ia sesuai untuk menjalani profesi sebagai editor, perancang website, atau pengelola media informasi."

Di antara tiga jurusan yang saya minati, salah duanya nyantol! Yap, Ilmu Informasi dan Perpustakaan & Desain Komunikasi Visual. Gara-gara hasil psikologis ini, jurusan Administrasi Perkantoran tidak lagi saya pikirkan. Hanya dua jurusan ini saja yang menjadi pertimbanganku saat ini. Mana yang menjadi prioritas?
Mulai dari soal minat, budget, prospek ke depannya, serta hal-hal kecil lainnya betul-betul saya pertimbangkan. Saya takut nantinya bakal menyesal.

Beberapa hari setelahnya, saya mendapat pencerahan. Yaps, lebih baik dijalani saja. Pilih jurusan yang merupakan 'dunia kita' banget. Ok, saya bertekad bulat ingin masuk jurusan Ilmu Perpustakaan.

Saya bukan tipe orang yang ikut-ikutan. Yang lain menggebu-gebu pengen masuk jurusan Kedokteran, saya tidak. Saya lebih suka mencari celah dan membuat kesempatan lebih besar untuk mendatangi saya. Tidakkah itu terdengar elegan?

Selama liburan, saya berusaha mencari informasi mengenai jurusan ini. Ternyata jurusan ini fleksibel. Di beberapa Universitas, jurusan ini masuk fakultas Ilmu Budaya, ada juga yang masuk fakultas Ilmu Komunikasi, fakultas Ilmu Administrasi, serta fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Nah, jurusan Ilmu Perpustakaan mungkin terdengar asing di telinga masyarakat. Yang terbayang saat mendengar jurusan ini mungkin seseorang kutubuku berkacamata tebal yang menjaga perpustakaan, iya nggak? No no! Tidak seperti yang kalian bayangkan. Mungkin saya akan lebih tahu 'pastinya' jika nantinya saya bisa masuk di jurusan ini. Target saya: Jurusan Ilmu Informasi & Perpustakaan di Universitas Airlangga (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik) O:) Bismillahirahmanirahim...

*sedang merapal do'a*

4 komentar:

  1. Semangat ya UN dan tes PTN-nya :) Belajar terus dan terus dari sekarang ya ;) Aku udah pernah ngerasain gimana berjuang, ya walaupun gagal hehe.
    Tetap usaha ya :) Pesaing kamu banyak, inget itu dan jangan pernah ngeremehin yang namanya PTN. Dan kalaupun keterima jangan kamu sering mengeluh atau sia-siain karena di luar sana banyak yang kurang beruntung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih, kak :')) Iya... Bismillah, dimulai dari sekarang!

      Hapus
  2. sipp... (Y)
    berani memilih jalannya sendiri :)
    barakallah selvia

    BalasHapus

Tinggalkan jejak yuk ^^ Jangan pelit- pelit~ ❤