Pengalaman Bersama SNMPTN Undangan 2014

25 Februari 2014

Kelas 12 memang gencar-gencarnya sudah matengin pikiran buat masa depan. Mulai dari galau cari tau apa passion, minat, dan bakat, cari tau jurusan apa yang pas, dan cari tau perguruan tinggi manakah tempat menimba ilmu ke jenjang yang lebih tinggi. Kelas 12 memang waktunya untuk lebih aktif demi mewujudkan impian dapat diterima di jurusan plus perguruan tinggi yang diidam-idamkan. 
 
Ada jalur undangan, SBMPTN (tertulis), mandiri, hingga kemitraan ditawarkan. Saya memang tidak tertarik untuk masuk ke perguruan tinggi swasta dari awal makadari itu saya fokuskan semuanya ke perguruan tinggi negeri. Ketika yang swasta udah mulai buka pendaftaran mahasiswa baru, saya tetap anteng saja dengan pilihan saya. Saya memang tidak punya cadangan di swasta karena saya memang tidak berminat. Saya akan berusaha untuk bisa mengejar mimpi saya untuk dapat diterima di perguruan tinggi negeri.
 
Salah satu web yang tiap hari kubuka ._.
 
Pendaftaran jalur undangan telah dibuka sejak tanggal 17 Februari 2014. Mulai dari input data, cek cek nilai, hingga pendaftaran SNMPTN. Pilihan saya sudah jatuh di Universitas Airlangga dengan prodi 1: Matematika & prodi 2: Ilmu Informasi & Perpustakaan. Nah, saya termasuk 'yang agak apes'. Karena di sini, saya salah dalam pengisian data. Seharusnya yang dimasukin itu NIS, tapi saya malah masukin NISN. Bener-bener baru nyadar setelah semua sudah difinalisasi. Kasus ini membuat saya musti bolak balik ke ruang BK. Saya bener-bener nggak mau kalau masalah ini bakal berujung "diterima jalur undangan tapi karena salah data maka penerimaannya bakal dicopot" -_- nggak rela!

Untungnya ada kemudahan di SNMPTN Undangan ini. Ada fitur Halo.SNMPTN yang memudahkan saya jika guru BK sudah angkat tangan menjawab pertanyaan saya. Ternyata finalisasi dapat dibatalkan apabila ada data yang ingin dirubah. Alhamdulillah... ada setitik cahaya terang di sini. Semoga saja perjuangan ini nggak sia-sia. Ini juga menjadi pelajaran buat saya untuk lebih teliti lagi ke depannya.
 
Halo.SNMPTN membantu sekali!
 
post signature

8 komentar:

  1. Balasan
    1. Saya nggak jago bikin, kak :)
      Ini beli.

      Hapus
  2. Federasi Serikat Guru Indonesia bersama sejumlah LSM lainnya akan menggugat Ketua Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Ganjar Kurnia. Terungkap dalam website iyaa.com bahwa gugatan ini menyusul pengabaian somasi atas peraturan yang melarang penyandang disabilitas ikut serta dalam SNMPTN. Sekjen Federasi Serikat Guru Indonesia, Retno Listyarti mengatakan, gugatan tersebut dalam bentuk perdata karena dengan aturan tersebut berdampak terhadap kerugian secara material dan immaterial terhadap penyandang disabilitas.

    BalasHapus
  3. wah aku juga sama nih salah nulis NIS malah yg aku tulis NISN, mana udah di finalisasi lagi. terus gimana dong caranya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Minta pihak sekolah untuk membatalkan finalisasinya.

      FAQ tentang SNMPTN Undangan 2014 --> http://mis-fil.blogspot.com/2014/03/tanya-jawab-seputar-snmptn-undangan.html

      Hapus
  4. Kak yang diisikan di kolom NIS pendaftaran SNMPTN itu NIS yang Dari sekolah?? Bukan NISN?

    BalasHapus

Tinggalkan jejak yuk ^^ Jangan pelit- pelit~ ❤