Tanya Jawab Seputar SNMPTN Undangan 2014

10 Maret 2014


Halo! Kali ini saya balik lagi dengan membawa info seputar SNMPTN Undangan. 
 Kelas 12? Galau jurusan? Galau PTN/PTS? Galauin masa depan? Itu mah udah biasa!
Alhamdulillah... Masalah saya tentang kesalahan pengisian data sudah terselesaikan. Bisa dibaca masalah ini di -> sini. Mungkin bisa dijadikan pelajaran buat saya agar lebih teliti lagi dalam melakukan sesuatu.
Web SNMPTN!
Q: Apa sih latar belakang dan tujuan dari adanya SNMPTN ini?
A: Tentang latar belakang silahkan baca di -> sini dan untuk tujuannya baca di -> sini.

Q: Ada nggak ketentuan umum dan ketentuan khusus di SNMPTN?
A: Ada dong. Ketentuan umum -> di sini dan ketentuan khususnya -> di sini.

Q: Kasih tau dong gimana caranya ikut SNMPTN undangan?
A: Nih baca aja di -> sini.

Q: Pengisian PDSS sampai tanggal berapa? Kalau pendaftaran? Kalau pengumumannya? *dan bla bla bla~*
Saya tuliskan di sini juga deh... 
Pengisian PDSS: 6 Januari - 6 Maret 2014. 
Pendaftaran: 17 Februari - 31 Maret 2014.
Proses Seleksi: 1 April - 26 Mei 2014.
Pengumuman Hasil Seleksi: 27 Mei 2014.
Pendaftaran Ulang: 17 Juni 2014 (bersamaan dengan pelaksanaan ujian tertulis SBMPTN 2014).

Q: Boleh pilih berapa program studi, bray?
A: Untuk program studi dan jumlah pilihan bisa dibaca di -> sini.
  • Intinya maksimal pilih 2 PTN. Kalo pilih 2 PTN, 1 PTN harus ada di provinsi yang sama dengan SMA asalnya atau dari provinsi terdekat apabila di provinsi asal belum terdapat PTN. Apabila memilih hanya 1 PTN, bebas memilih PTN di provinsi mana pun. 
  • Hanya boleh pilih maksimal 3 program studi. Dengan ketentuan, 1 PTN maksimal memilih 2 program studi. 


Q: Ikut SNMPTN Undangan dikenakan biaya seleksi nggak?
A: Nggak dipungut biaya sepeserpun. Semua biaya ditanggung oleh Pemerintah. Enak kan?

Q: Kalau tentang prinsip dan mekanisme seleksinya gimana?
A: Kalau soal itu, baca aja di -> sini.

Q: Apabila sekolah melakukan kecurangan, apakah ada sanksinya? Kalau siswa yang melakukan, apa sanksinya?
A: Sanksi bagi sekolah yang melakukan kecurangan adalah tidak diikutsertakan dalam SNMPTN tahun berikutnya. Sedangkan bagi siswa yang melakukan kecurangan, sanksinya adalah dibatalkan status kelulusan SNMPTN.

Q: Mau tau tentang Bidikmisi dong...
A: Tentang Bidikmisi dapat diakses di laman Bidikmisi.

Q: Mau daftar undangan tapi kok ada tulisannya 'Anda belum diset lulus oleh sekolah. Silahkan menghubungi sekolah Anda.' Gimana nih?
A: Silahkan menghubungi sekolah Anda.

Q: Saya mau masuk PTN A di program studi X tapi kayaknya peminatnya banyak deh. Eh, daya tampungnya sekarang berapa ya?
A: Untuk daftar perguruan tinggi negeri dan program studinya bisa di cek cek di sini.

Q: Aduh... Galau! Mau masuk di jurusan apa ya? Terus masuk mana ya?
A: Aduh, bray! Galaunya telat! Tapi kamu masih bisa kok googling tentang tips-tips memilih jurusan yang tepat dan blablablabla. -_-

Q: Saya hanya mau pilih satu jurusan tapi kok nggak bisa pilih jurusan yang sama sih. Gimana ini?
A: Apabila memilih satu jurusan, jurusan keduanya pilih 'kosong'.

Q: Kalau sudah difinalisasi tapi belum upload piagam gimana? Aduh... galau!
A: Tenang! Finalisasi sama piagam beda tab kok. Kalau sudah difinalisasi, terus besoknya baru upload masih bisa. Asal jangan pas lewat dari tanggal 31 Maret 2014.

Q: Sertifikat ada banyak. Boleh dilampirkan semuanya?
A: Maksimal melampirkan TIGA sertifikat. Pilih yang terbaik atau yang paling mendukung di program studi yang kamu pilih.

Q: Nomor Ujian itu yang mana, gan?
A: Mending nanya sama TU. Biasanya sih tiap sekolah beda beda. Kalau di sekolah saya sih nomor ujian itu NIS terus ditambahin angka 0 sebanyak 6 digit. Kalau sekolah lain ada juga yang nomornya ngasal asal tetap 9 digit. Dan entahlah, untuk sekolah-sekolah lainnya.

Q: Foto buat SNMPTN Undangan boleh foto alay nggak?
A: Nggak -___-

Q: Foto buat SNMPTN Undangan boleh foto selfie nggak?
A: Nggak -___-

Q: Terus foto buat SNMPTN Undangan harus yang kayak gimana?
A: Pas foto. Pakaian bebas -pakaian formal- tetapi lebih baik memakai seragam sekolah. Latar belakang bebas *tidak ada ketentuan khusus*, tetapi harus satu warna alias polos. Idealnya sih kalau nggak warna merah ya biru. Resolusi 400 x 600 pixel. Kalau pakai kacamata, lebih baik saat difoto dilepas saja.

Q: Kalau sudah difinalisasi tapi ada data yang pengen diubah gimana?
A: Lapor ke pihak sekolah untuk pembatalan finalisasi.
Q: Kalau sudah melakukan pembatalan finalisasi, apakah masih bisa mendaftar ulang nantinya? 
A: Masih bisa.

Q: Eh, kok situs SNMPTN nggak bisa kebuka?
A: Kalau sudah mendekati penutupan, bakalan overload. Banyak yang buka. Makanya lebih cepat lebih baik. Mending daftar pas awal atau pertengahan. 
Q: Mau nanya lagi dong soal ...............
A: Pertanyaan lebih lanjut bisa ditanyakan juga di halo.snmptn.

Nyolong gambar dari @Info_SNMTPN

Semoga membantu!
Apabila ada yang mau ditanyakan, via komen juga boleh. :))
#SemangatKelas12

post signature

11 komentar:

  1. Keren yah kalo bisa lulus SNMPTN. Gue baru kelas 10, tapi dari dulu mimpi masuk perguruan tinggi ternama. :)

    BalasHapus
  2. masa-masa seperti ini adalah masa dilemanya para siswa kelas 12 terutama untuk memilih jurusan yang akan didaftarkan di snmptn. lagi pula tahun ini pesaingnya makin banyak dari tahun kemarin.

    gue juga lagi masa-masa dilema nih milih jurusan yang bagus tapi peminatnya sedikit.
    btw lo mau niat masuk jurusan apa difakultas apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. jurusan bagus peminat sedikit kan belum tentu jurusannya sesuai sm minat kita sendiri.
      kl mnrt gue sih pilih yg sesuai minat. jgn smpe krn ngejar kuota banyak peminat dikit eh pas kuliah gak sesuai sm minat, akhirnya kuliahnya ogah2an -,-
      ya itu sih mnrt gue hehe
      btw postingannya bermanfaat loh buat kls 12 yg lg bingung soal snmptn :))

      Hapus
  3. Semoga nanti bisa masuk ke Perguruan Tinggi Negri yang tentunya di cita citakan setelah lulus SMA nanti :)

    BalasHapus
  4. enaknya, kuliah dibiayai negara dan dapat uang saku pula

    BalasHapus
  5. Great blog! There's a giveaway on my blog. A chance to win an item of your choice for free!!:) more on my blog:: itsnicoleperez.blogspot.com ♡

    BalasHapus
  6. good luck yaa buat semua yang SNMPTN :D

    ikutan giveawayku yuk, syaratnya simpel banget dan ga seribet giveaway pada umumnya loh.. for details click here :D

    BalasHapus
  7. semoga yang dicita-citakan bisa tercapai amin..

    BalasHapus
  8. thanks infonya ngebantu banget !

    BalasHapus
  9. proses seleksi mulai tanggal 1 april sampai 26 mei,maksudnya apa sih? tolong bantuannya gan ngak ngerti ni

    BalasHapus
  10. mau nanya soal SBMPTN , semisal udah daftar trus mau ngebatalin itu bisa gak? mksih

    BalasHapus

Tinggalkan jejak yuk ^^ Jangan pelit- pelit~ ❤