[Review] Komik Real Masjid

28 April 2014

 
Judul: Real Masjid: Mencoba Menjadi Muslim yang Lebih Baik
Cerita: @tonytrax
Penerbit: Zahira
---
Real Masjid merupakan seri komik islami yang tidak hanya bisa mengocok perut Anda saja, melainkan juga dapat menambah pengetahuan serta pemahaman tentang dunia Islam. Jadi, kalau butuh bacaan yang punya nilai plus plus, saya rekomendasikan Real Masjid sebagai bahan bacaan Anda. 

Dalam Real Masjid 1 dengan ilustratornya yaitu Galang Tirtakusuma, agak kurang puas sih. Soalnya gambarnya kecil-kecil. Dua halaman untuk tiga cerita. Setiap cerita ada empat gambar. Tapi nilai lebihnya, karena gambarnya kecil otomatis ceritanya lebih banyak. Asekkk! 

Cerita dalam komik Real Masjid ini bervariasi. Tetapi hal yang paling sering diulas dalam Real Masjid 1 adalah shalat. *jadi merasa tersindir sih -_-*
Selain tentang shalat, ada juga mengenai sedekah, do'a, jilbab, dan masih banyak lagi.
Kekurangan tentang ukuran gambar udah ternyata ada lagi minus di Real Masjid 1 ini. Nggak tau sih ini kesalahan atau bukan. Sepertinya iya.

Di halaman 91, judulnya 'Kucing yang Kompak' tetapi isi gambarnya nggak berhubungan sama sekali dengan judulnya.
Nah, merapat ke Real Masjid 2 dan 3! Kali ini, ilustratornya berbeda dari yang seri pertama. Ilustratornya adalah Thoma Prayoga. Kedua seri ini bisa bikin saya bernapas lega soalnya ukuran gambarnya lebih besar. Yakni, satu halaman untuk satu cerita dengan empat gambar untuk setiap cerita. Di sini si Juki lumayan sering nampang. Jadi, nge-fans deh!
Secara keseluruhan, saya suka Real Masjid ini. Mulai dari segi cerita sampai ilustrasinya. Berharap ada Real Masjid 4 sayangnya Real Masjid 3 itu ternyata seri terakhir. Yaaahhh... Sekarang tinggal nunggu 'Real Masjid The Book' kira-kira kapan terbitnya yaaa?
Kekurangan dari seri komik islami ini hanya ada tiga: 1. Kesalahan judul di halaman 91 pada seri pertama | 2. Ada iklan pada lembaran-lembaran terakhir *agak terganggu sih* | 3. Maunya ada Real Masjid 4, 5, 6, .... sampai Real Masjid 100 mungkin 
Terus saran saya hanya satu. Ngarepnya pada pembukaan cerita dikasih lembaran khusus pemeran-pemeran yang ada dalam Real Masjid. Tentang Pepi, Thom, Juki, dan lain-lainnya.
Overall, kasih 4 bintang deh!
Good job! :)
post signature

3 komentar:

Tinggalkan jejak yuk ^^ Jangan pelit- pelit~ ❤