[Review] Oen Makin Koenyol

10 Mei 2014


*comot dari sini*

*kebetulan dapat komik yang ada TTD penulisnya -happy-*
  
Judul: Oen Makin Koenyol: Canda-Canda Pelajar Kocak
Penulis: Medz
Penerbit: Moka Media
Tahun Terbit: 2014
Cetakan: Pertama
ISBN: 974-795-800-0
Tebal: 114 Halaman
  Rating: 4/5
---
Kamu pasti pernah telat dateng ke sekolah, kan? 
Pasti deh, kalo lagi bete, pengennya istirahat terus?
Atau, kamu pernah dapet nilai ujian yang bikin uang jajanmu dipotong?
Semua hal tadi pasti pernah kamu alami, kan?

Dan, OEN ternyata juga begitu.
Banyak tingkah lakunya di sekolah yang selalu berujung kekonjolan tingkat gubernur.
OEN nggak bakalan berhenti berbuat konyol sampai teman-temannya ketawa terpingkal-pingkal.

Pasti kalian bakal ikut ngakak karena punya pengalaman serupa dengan kekonyolan OEN.
Karena di sekolah banyak canda.
Maka, OEN akan mengajak kalian untuk selalu tertawa!
---
Bacaan kesukaan saya salah satunya adalah komik. Kenapa komik? Selain dari gambarnya lucu lucu dan lebih ekspresif, bisa menghemat waktu juga dalam menuntaskannya. Nggak heran kalau dalam kurang lebih setengah jam komik Oen Makin Koenyol ini sukses saya lahap.

Jumlah halaman dari komik ini hanya 114 dengan satu cerita pada setiap halamannya. Satu cerita dikemas dalam empat gambar. Bentuknya yang bersahabat, memudahkan untuk mengajaknya berkelana ke mana saja. Anda bisa menikmatinya kapan pun yang Anda inginkan.
Di sini ada empat tokoh yang sering muncul yaitu Oen -si pemeran utama-, Krebo -mungkin dia ada hubungan darah sama Bastian-, Tiffany -si cewek imut- dan terakhir, Gembul. Serta para tokoh figuran seperti bu guru, pak guru, dan yang lainnya -kalau kepo, beli aja komiknya!-

Saya suka visualisasi yang dibawakan penulis yang punya sederet prestasi ini. Keren! Ekspresinya gokil gokil! Ada saja sentilan humor yang bikin saya mendadak senyum-senyum sendiri -bukan gila ya-. Mungkin karena beberapa cerita berdasarkan fakta yang ada di kalangan pelajar. Nggak hanya sekadar menghibur tetapi juga bikin kangen sama masa-masa sekolah. Bikin bernostalgia! Cerita favorit saya di sini yaitu: Datang Telat Keluar Telat, Lolos Razia, Nebeng, Tidak Semangat, dan masih banyak lagi. Ya nggak mungkin dicantumkan semua, entar penulisnya jadi malu lagi.

Sejujurnya, saya kurang puas karena kurang tebel komiknya. Huhu. Berharap nantinya akan ada sekuel komiknya, mungkin judulnya Oen Koenyol Maksimal atau apalah. Yang penting komik Oen ini nggak berhenti sampai sini. *Btw, ternyata penulisnya pernah menerbitkan buku yang berjudul Oen: kisah koenyol ala cowok polos. Bagi bukunya dong, bang! :p*

Kalau memang nantinya dibuat sekuelnya, saya kasih masukan supaya lebih mendalami lagi hal-hal yang lagi booming di kalangan pelajar. Misalkan tentang Ujian Nasional, kasus -I-know-you-know- yang lagi marak diberitakan di televisi, bahasa yang alay to the maksimal yang merajalela, dan lainnya. Mungkin itu bisa digali lagi sehingga bisa menjadi komik selanjutnya nggak hanya menghibur tetapi sarat akan pendidikan juga.

Baca komik ini serasa waktu berjalan semakin cepat. Tau tau sudah berada di halaman terakhir.
Saya merekomendasikan komik Oen Makin Konyol bagi pecinta komik ataupun penyuka bumbu-bumbu komedi.

Good job buat bang Medz (?) selaku penulis sekaligus desainer sampul komik ini. Nggak ketinggalan buat seluruh tim penerbit Moka Media yang membuat komik ini ada.

post signature

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Tinggalkan jejak yuk ^^ Jangan pelit- pelit~ ❤