[REVIEW] Rumah Makan Kenari, Jl. Poros Samarinda - Bontang

18 Juni 2014


Akhir-akhir ini saya lagi pengin melancong ke sana ke mari. Virus traveler telah meracuni saya. OMG! :v
Saya jadi pengin wisata kuliner, berburu hotel/hostel, mimpi keliling Indonesia dan mencicipi nikmatnya ke luar negeri -entah kapan itu akan terwujud-, sampai pergi ataupun sekadar singgah ke tempat-tempat menarik di seluruh Indonesia. Pengin!
 
 
 
Hari Minggu kemarin saya pergi ke Samarinda sama satu keluarga. Bapak, Ibu, sama adik juga. Setelah meluncurkan rayuan maut, akhirnya saya diantar ke Samarinda dengan supir super hebat, Bapak. Sebenarnya mau ke sana sama teman-teman (+ gebetan #eh) tapi tidak jadi karena beberapa alasan. 
Cukup empat jam (sudah termasuk waktu yang dihabiskan untuk makan) akhirnya sampai juga di ibu kota provinsi Kalimantan Timur. Asli, menantang maut! Sepanjang perjalanan terlihat skill ala Valentino Rossi dalam tubuh Bapakku. Kebayang nggak, gimana rasanya waktu berada di dalam mobil yang langsung menyalip enam mobil sekaligus? Bayangkan saja ENAM! Ada mobil, ada truk juga. Wohoo... sensasinya itu benar-benar nggak bisa diungkapkan dengan kata-kata. 

*lirik judul postingan ini* Eh sampai lupa cerita. Di tengah perjalanan, di tengah konser maut para cacing dalam perut. Raya -adikku- dengan jujurnya langsung nyeletuk "Pak, ke Kenari. Lapar," setelah percakapan beberapa menit diputuskan untuk singgah sebentar di rumah makan itu. Berhubung hari Minggu, suasana di RM. Kenari yang ada di Jl. Poros Samarinda - Bontang ini bisa dibilang sangat ramai. Bisa dilihat dari tempat parkir yang penuh dengan mobil dan juga motor. Untungnya masih ada tempat parkir buat mobil putihku. *eh mobil putihku?*

RM. Kenari ini memang bisa disebut rumah makan yang cukup terkenal.  Saya sendiri tidak ke sana untuk pertama kalinya, enam tahun yang lalu saya ingat saya pernah ke sana. Tepatnya, waktu saya mengikuti kompetisi olimpiade matematika tingkat SD. Suasananya tidak beda jauh dengan yang sekarang.

Menu di rumah makan Kenari cukup bervariasi. Ada ayam goreng dengan sambal yang katanya top markotop. Ada juga ikan mas goreng, cumi asam manis, udang goreng dan masih banyak lagi. Untuk minumannya, tentu saja ada es teh, es jeruk, es susu, es kelapa muda, dan lain-lain. Untuk menu, bisa zoom in gambar yang ada di postingan ini. Kelihatan kan? ;)

Waktu itu saya menjatuhkan pilihan pada tahu crispy, empek-empek, dan es kelapa muda. Dari segi rasa, tahu crispy biasa saja di lidah saya. Saus yang disediakan juga sama saja. Untuk empek-empek -makanan favorit saya- enak sih tapi bumbunya sedikit banget. Kurang dari setengah mangkuknya! Sedangkan untuk es kelapa muda, minuman itu merupakan minuman penyegar di kala siang hari yang menyengat pada saat itu. Top! Tapi untuk segi itu, saya hanya bisa memberi 3,5/5.

Bicara soal segi pelayanan, maaf saya hanya bisa kasih 3,5/5 juga. Berhubung waktu saya makan di sana -memang sih pas rame banget- pelayanannya baru nengok pas dikode sama Bapakku. Sedangkan pas orang bule datang, langsung dihampiri duluan. Padahal datangnya bersamaan.

Untuk dari segi fasilitas, saya berani kasih 4,5/5 karena lengkap banget fasilitas di sini. Pondok RM-nya ada banyak, musholla ada, toilet ada, serta sarana bermain untuk anak-anak juga ada! Mungkin kalau ada wifi + tempat colokan gratis di setiap sisi, saya bisa langsung mengubah penilaian saya dari nilai 4,5/5 menjadi nilai yang sempurna. Hehe...

Berhubung pas itu saya makan sama ortu, jelas dibayarin. Jadi soal harga, no comment! Yang jelas, nggak terlalu bikin kantong jebol kok. Jadi yang nggak pengin dompetnya terkuras habis, bisa main-main ke sini. :')

RM. Kenari ini tepat di depan POM bensin. 
Postingan ini murni dari pengalaman dan pengamatan pribadi saya, bukan sponsored review apalagi endorse. Buat yang minat ke RM. Kenari, mampir aja ke sana. :))
RM. Kenari
Jl. Poros Samarinda - Bontang, Km. 81/41
Telp. 082158549814
post signature

10 komentar:

  1. mantaff...
    (kpn2 bisa sinah ne?!! emm tp kpn ya??)

    lekyozz.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Menu istimewa dari RM Kenari ini apa sih mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Andalannya sih ayam goreng. "Katanya" enak, apalagi sambelnya. :)

      Hapus
  3. tahu yang ditengah menggoda, jadi pengen makan tahu sumedang yang abis digoreng ini :D e tapi lokasinya di kalimantan ya ini? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa, tepatnya di Kalimantan Timur :)
      Mampir yuk!

      Hapus

Tinggalkan jejak yuk ^^ Jangan pelit- pelit~ ❤