Tips Belajar

3 September 2014


One Day One Blogpost memang kudu diterapkan nih! Kadang niat yang tadinya nge-blog langsung kandas gara-gara rasa malas. Padahal di kamar kos nggak ngapa-ngapain. *eh

Berhubung postingan sebelumnya banyak peminatnya -Entah karena diretweet sama @info_SNMPTN atau gara-gara mantra khusus saya. Entahlah! Ahaha! :D-, maka kali ini saya buat postingan khusus lagi untuk para pejuang UN 2015. Kalau sebelumnya saya membahas tentang prodi saya yaitu Pendidikan Teknik Informatika, nah sekarang saatnya saya memberikan wewejangan buat kalian. Memang sih dulu saya juga pernah membuat tips belajar -bisa dilihat di ---> SINI!- tapi kali ini agak berbeda dan lebih mendetail. Kurang baik apa coba saya. Ini demi adik-adik tercinta loh! Ciyus!

UN? SNMPTN? SBMPTN? Ujian Mandiri? *entahlah tahun depan namanya masih sama atau kagak -,-*
Yuk persiapkan diri dari sekarang! Waktu terus berjalan loh!

Belajar merupakan salah satu kewajiban utama para siswa. Kalau nggak belajar, ya nggak bakal tahu hal baru. Kalau nggak belajar, kagak bakal dapet nilai. Banyak deh ruginya kalau nggak belajar. Nah, ini tips dari saya siapatahu bisa berguna buat kalian, para sepuh di SMA. 

1. NIAT! Usaha! Do'a! Motivasi!
Sesuatu nggak bakal jalan kalau kalian nggak bener-bener niat. Niat nggak akan bisa berbuah manis kalau nggak dijalani. Niat itu penting, tapi nggak kalah penting juga usaha dan do'a. Semangat yeee!

Tips: Kalian bisa tulis motivasi kalian di selembar kertas. Taruh di cermin atau di meja belajar atau di mana saja. Kagak usah malu dibilang lebay atau apalah. Intinya kalian ada motivasi buat belajar. Jadi keinginan buat belajar bisa meningkat. Oiya, jangan mudah putus asa yaaa! Kalau jatuh, segeralah bangkit!

2. Cintai Pelajaran, Cintai Materi, Cintai Juga Gurunya
Nggak suka matematika karena hitungannya banyak? Kagak demen sama sejarah soalnya membosankan? Serta keluhan-keluhan lain mengenai pelajaran. Tips untuk kalian nih yang punya kasus kayak gini yaitu cintailah tiga hal: pelajaran, materi, termasuk gurunya! Gimana biar cinta kalau nggak demen? Cari sisi terangnya, jangan berpatokan sama sisi buruknya *ini yang aku petik dari film I'm Not Stupid, film produksi negara Singapura :p*. Modifikasi hal yang buruk menjadi hal yang menyenangkan. Misalkan kamu nggak doyan matematika, kamu bisa modif konsep matematika dalam mind-mapping dengan sekreatif mungkin. Males bikin mind-mapping? Kembali ke kunci nomer satu. 

3. Rajin Mencatat & Bertanya
Jika kalian orangnya terbuka dan pintar beretorika, silakan bertanya jika ada yang tidak dimengerti. Malu bertanya sesat di jalan loh. Sebenarnya saya orangnya malu bertanya, kecuali kalau bener-bener penasaran banget. Kalau kalian sama kayak saya, tonjolkanlah sisi penasaran kalian dengan baca referensi di buku-buku lain atau searching di internet. Jangan lupa catat hal-hal penting yang disampaikan guru! Pelajari itu rutin  cukup lima menit setiap hari biar inget. Daripada sistem kebut semalam tapi esok hari nge-blank. Pilih mana hayooo?

4. Cari Cela! Cari Plan B!
Ada benarnya pepatah "orang pintar bakal kalah sama orang bejo". Biar bejo, jangan tunggu takdir aja. Kalian kudu cari celah! Apalagi buat kelas 12, persaingan itu ketat, bro! Lanjut kuliah? Browsing tentang perguruan tinggi impian itu perlu. Meskipun begitu, jangan lupa siapkan plan B juga. Biar pas kuliah, kagak salah jurusan dan dilema. Oke?
Menurut saya pribadi sih buat nembus PTN, nggak perlu pakai acara bimbel bimbel. Toh belajar tiga tahun itu masih kurang apa? Sebagai pengganti bimbel, silakan kerjakan soal-soal secara rutin. Tapi kalau tetap ngebet pengen bimbel, silakan saja. Toh duit, duit sendiri. Demi pinter juga kan tuh bimbel, bukan demi paksaan ortu. Ya lanjutkan, bray!

Oh iya, inget nih! Di kala kalian bermalas-malasan, ribuan orang di sana lagi mempersiapkan segala sesuatu nya loh. Maka dari itu, semangat untuk 'asah pisau' kalian! Jangan mau kalah! 
Tambahan lagi: Usahakan jangan menyontek ya! Kalau mau kompak, kompak dalam hal positif saja. :'3

Okidoki?

Semoga bermanfaat.
Ok, sekian dulu postingan kali ini. Kalau ada yang mau ditanyakan, tanyakan saja. ;)
post signature

16 komentar:

  1. InshaaAllah semuanya lulus kok, kita optimis aja buat yang di bawah kita lulus aja, :)

    BalasHapus
  2. Semoga lulus ^^ eh apa udah ya?

    BalasHapus
  3. Weleh, kayaknya bakalan berat kalo one day one post sambil ngerjain PR Matematika.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apalagi sambil nyambi fisika ya? :3

      Hapus
  4. apalagi kalo one day-nya sambil ngehafalin rumus aljabarnya :D

    BalasHapus
  5. Makasih untuk tips-tipsnya de, makasih juga untuk kunjungan perdananya di blogku :)

    BalasHapus
  6. Jika ikhlas sepenuh hati. insya Allah tercapai, apalagi dijalani sesuai tips diatas :)

    BalasHapus
  7. Hey, you have a really nice Blog with interesting Stuff on it! :)
    Do you want to follow each other via GFC? If yes please let me know and i follow back :*

    Greetings & Kisses from Germany
    www.sophias-fashion.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you ^^
      Yes, I will follow ur blog. Nice to know you.

      Hapus

Tinggalkan jejak yuk ^^ Jangan pelit- pelit~ ❤