Tips Menulis Ide Cerita FTV

10 Oktober 2014


Hiyaattt! \m/
Ini postingan ke-201. *tabur bunga*

Buat yang suka tongkrongi akun facebook saya mungkin sudah tau kalau saya lagi jatuh cinta bikin sinopsis FTV (biasa disebut ide cerita juga). Sudah sebulan lebih saya menggelutinya biarpun belum ada ide cerita saya yang di acc *beberapa masih proses penilaian* tapi tetap nggak boleh nyerah gitu aja dong. Berawal dari blogwalking ke sana sini, googling entah apa kata kuncinya saya juga lupa eh tau tau nyasar di blog pak Puguh. Beliau adalah penulis skenario di salah satu PH di channel satu untuk semua. Tau dong itu channel apa? :p

Habis nyasar ke blog pak Puguh dan PDKT sedikit dengan beliau membahas sinopsis FTV, saya jadi tau beberapa nama penulis ide cerita di PH itu yaitu bang Feby, ada bang Ryanhasanin, ada bang Edwin. Ini pria semua, generasi wanitanya belum saya temukan -_-

Nah, gara-gara baca postingan beliau, saya jadi tertarik buat bikin sinopsis FTV. Sebelum mencoba membuat sinopsis FTV, tiap saya nonton FTV pasti berkomentar "Ah... kok happy ending melulu" "Kok temanya gini mulu, si cupu pasti akhirnya jadian sama si cakep" "Pasti itu sama itu. Nah loh, bener kan". Intinya gambaran saya bahwa FTV itu tontonan dengan tema yang monoton. Tapi begitu saya mencoba sendiri menulis ide cerita FTV, saya langsung bergumam, "ternyata nggak mudah seperti yang saya kira". Penulis ide cerita dituntut untuk menggali sebuah ide sekreatif mungkin. 

Nah, kali ini saya mau posting tentang tips menulis ide cerita FTV versi pak Puguh...
Yuk yukkk... langsung aja ya...

1. Cerita Harus Punya Konflik Menarik
Maksudnya cerita harus punya konflik menarik adalah cerita itu tidak biasa-biasa aja tapi harus ada sesuatu yang bikin beda dalam cerita itu. Misalnya seputar cinta, ada cewek yang demen sama cowok, dia pengen kasih hadiah sepatu, tapi bokek. Dia liat sepatu cowok bagus di tempat sepatu-sepatu bekas. Besoknya pas dia punya duit dan ke situ, sepatu itu udah laku. Maka dicarilah si pemilik sepatu itu, dia pengen membelinya. Karena dia yakin cowoknya suka sama sepatu itu. Setelah dicari kesana-sini, dia ketemu pemiliknya. Sayangnya pemiliknya itu cowok yang sombong. Tau kalo si cewek itu butuh banget sepatu itu, maka dia kasih syarat buat si cewek itu untuk membeli sepatunya. Hal itu membuat si cewek jengkel dan benci setengah mati. Akan tetapi, seiring dengan berjalannya waktu, si cewek itu justru malah jatuh cinta sama cowok itu. Nah, terus gimana dong pacarnya?
Kalau cowok yang cari sepatu mungkin mainstream dan sudah biasa, tapi kalau cewek yang nyari sepatu itu bisa dibilang unik.

2. Profesi Unik
Ini bisa dibilang penting-nggak penting penting banget. Biasanya sih kalo profesi yang unik, secara kesan pertama cerita dibaca sama SCTV sudah menggoda dulu. FTV SCTV sendiri sih sangat disarankan untuk menciptakan profesi yang unik dalam cerita. Adalah profesi yang jarang ditampilkan di layar kaca. Misalnya nih profesi KENEK. Akan lebih unik kalau si keneknya ini cewek. Terus kalo ambil contoh lagi yaitu tukang jamu. Kalo cewek kan udah mainstream, nah kalo tukang jamunya itu cowok tentu bakal terkesan unik. Nah itu masih secuil profesi yang ada, silakan searching profesi-profesi yang ada. Ada banyakkkkkkkkkkk kok! Nah, kalo sudah cari profesi, harus dipikirin, siapa yang lebih unik jadi profesi itu, cewek atau cowok.

Oiya, sekadar info, dalam memilih profesi unik pikirkan juga itu realistis atau nggak buat dijadikan FTV atau pikirkan juga kira-kira ada nggak pemain FTV yang sanggup jadi profesi tersebut. Soalnya saya pernah ditolak gara-gara ini T.T #pukpuk

3. Cerita Harus Padat
Dari cerita udah harus dibuka dengan konflik! Nggak perlu lama-lama menerangkan si tokoh dengan menyebutkan alamat, hobi, cita-cita, dan blablabla. Semua keterangan itu bisa dilakukan seiring menulis cerita.

4. Konflik-Konflik-Konflik-Konflik
Tau sendiri kan kalau FTV SCTV itu komedi-romantis, meskipun gitu tetap berisi konflik-konflik-konflik. Jadi, walaupun ceritanya unik, dengan profesi yang unik, tapi konfliknya hanya sedikit, SCTV akan me-reject! Sebaliknya, walaupun profesinya tidak terlalu unik tapi konfliknya banyak dan padat, kemungkinan besar SCTV akan ACC.

5. Halaman
Tidak boleh lebih dari 2 halaman. Dulu sih sempat diperbolehkan tiga halaman tapi sekarang udah diringkas harus 2 halaman. Usahakan harus rapi ya biar peluang di acc makin besar :)

6. Plot Cerita 
Jangan menulis cerita yang single plot! Cerita harus punya plot cabangan, yang tidak lebih dominan dari plot utama, namun harus menarik dan membuat cerita semakin berwarna.

Oke deh, itu 6 poin yang mungkin akan berguna buat para penulis ide cerita. Nah, kalo mau baca contoh sinopsis, bisa baca di blog pak Puguh. Blognya udah aku link di paragraf pertama. Atau bisa juga mampir di blog bang Feby

Semoga postingan ini bisa menjadi racun untuk kalian dalam menulis ide cerita FTV. 

post signature

27 komentar:

  1. Kalo FTV itu yg penting kenal - pacaran -konflik-balik lagi duh kayak ditv haaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Namanya juga FTV (film televisi)... ya memang di tv :3

      Hapus
  2. ok sista boleh jadi referensi temen2 sastra nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. ok ok, semoga bisa bermanfaat buat temen2nya :)

      Hapus
  3. Itu yang 'Profesi Unik' wajib ya? Tapi emang kebnayakan FTV gitu sih..
    Paling suka FTV kalo yang main Vino Bastian, soalnya ga pernah mau kalah sama cewek *ini kok malah curhat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak wajib sih asal mampu bikin konflik yang beragam dan kuat. :D
      Ini menurut saya loo...

      Hapus
  4. dan sebagai poin tambahan, harus meiliki kemampuan lebih di bidang menulis, karena menulis itu bukan suatu hal yang gampang loh, terlebih jika menulis sebuah cerita yang akan difilimkan,.

    BalasHapus
  5. Wuih ada nama gw, horeee,, wkwkwk... Ada banyak kok generasi ceweknya, senior-senior malah. Intinya, gak pernah berhenti mencoba, ada juga bakat-bakatan, tapi kerja keras lebih penting lagi, itu aja sih. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. *catet kalimat terakhir ah*

      Generasi ceweknya belum kenalan. Kenalin dong, bang! :)

      Hapus
    2. Bu Lottati Mulyani kan generasi senior ceweknya, terus ada Bu Neti Sugiarti, ah lupa nama2nya.. :D

      Hapus
  6. berarti kita cuma ngirim sinopsis aja gitu? trus kalo udah disetujui, yg buat script nya siapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, selebihnya akan ditulis sama penulis skenario.

      Hapus
  7. kasang FTV judulnya terlalu berlebihan, tapi klo liat jalan ceritanya sih bikin ketawa sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanya ada pepatah "don't judge a book by its cover". :3

      Hapus
  8. waaah jadi pengen nulis jugaaa...
    eh tapi kelarin nulis ikut giveaway dulu...
    kapan hari aja saya gak isa ikutan giveaway kamu gegara off inet-an, sekarang gak boleh terulang...giveaway si rani kudu ikutan sebelum off lagi --bulan depan--. btw, maaf yaaa....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuhuuu nggak masalah, kak :D
      Tapi ntar kalau saya bikin giveaway lagi, wajib ikutan ya~

      Hapus
  9. tips ngirim dong mbak
    >,<

    #jangankepikiranmacem2deh#
    jadisaingan gitu, hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak ada pikiran begitu kok.
      Kan kalo udah rezeki ga mungkin salah alamat :D

      Hapus
  10. Hai ijin blogwalking ya ;-)
    Ada info lomba blog nih. Klik link ini ya. Makasih:)

    BalasHapus
  11. aku juga dapat ini dari pak Puguh kak hahahhahah x_x

    BalasHapus
  12. aku baru mau nyoba, tapi bingung ditulis kayak gimana
    boleh nggak sih kak aku liat contoh tulisannya? buat referensi aja
    terimakasih

    BalasHapus

Tinggalkan jejak yuk ^^ Jangan pelit- pelit~ ❤