[Review] Kumpulan Cerita Terbaik Miiko! 7: FIGHT!

31 Januari 2015




Judul: Kumpulan Cerita Terbaik Miiko! 7
Komikus: Ono Eriko
Penerjemah: Widya Anggraeni
Penerbit: M&C!
ISBN: 978-602-266-628-8
Edisi: Cetakan pertama, 2014
.
.
BLURB
Siapa bilang hidup Miiko selalu mudah dan ceria?
Miiko juga punya segudang masalah, lho!
Fight, Miiko!
Jangan menyerah!

REVIEW

Ini adalah Kumpulan Cerita Terbaik Miiko! Jadi buat yang belum pernah baca komik serinya, gue menyarankan untuk membaca kumpulan ceritanya dulu. Saat ini sudah memasuki volume ke-7, lho! Tema yang diangkat adalah tentang "Fight!". 

Di dalamnya memuat sepuluh cerita sama seperti komik seri Miiko yang biasanya. Gue jabarin satu per satu deh buat kalian. *semoga racun komik yang satu ini bisa menular ke kalian~*

Belajar Itu Berat
Tentang Miiko yang suka nggak fokus ketika belajar sehingga kena omel mamanya gara-gara nggak bisa mengerjakan tugas rumah. Alhasil, Miiko diberi bimbingan khusus sama mamanya sampai larut malam. Keesokan harinya, ada ujian mendadak dari tugas kemarin eh tapi hasil ujian Miiko nggak memuaskan. Miiko jadi takut kena omel mamanya lagi. Apa yang terjadi selanjutnya? Hayoo...
Best quote: Jangan samakan Miiko dengan anak-anak lain. - Papa
Rate: 8/10

Nggak Bisa Baca
Di kelas Miiko lagi heboh sama novel Horiri Bocah Sihir. Kehebohan itu bikin Miiko jadi penasaran terlebih Mamoru ternyata juga sudah baca. Ternyata penerbit tempat mamanya bekerja yang mencetak novel itu dan Miiko akhirnya dapat pinjaman buku dari mamanya. Tapi... rupanya Miiko nggak bisa baca. Jadi, Miiko bakal baca novel itu sampai habis nggak ya?
Best quote: Membaca memang butuh waktu, tapi berusahalah untuk baca sampai akhir! - Mama
Rate: 7,5/10

Persahabatan Bertiga
Gegara Miiko nggak sadar kalau Mari-chan belum kebagian frozen yogurt karena dia tadi masih siaran, alhasil Miiko sama Mari-chan jadi bertengkar. Pertengkaran mereka jadi ikut menyeret Yukko ke sana ke sini. Yukko memihak ke siapa ya? Bagaimana kelanjutan kisah persahabatan mereka bertiga?
Best quote: Dua-duanya aku sayang. - Yukko
Rate: 8,5/10
NB: Ada resep bikin Frozen Yogurt juga, lho!

Kita Pergi Berlibur, Yuk!
Teman-teman Miiko pergi berlibur pas musim panas. Itu membuat Miiko jadi pengen juga berlibur. Miiko pun merengek ke papa mama supaya mereka pergi berlibur juga seperti teman-temannya. Setelah berpikir beberapa saat, orangtua Miiko pun mengiyakan. Rencana berlibur juga telah dipersiapkan. Miiko jadi sangat antusias dan menceritakan rencananya ke teman-teman lain. Miiko nggak mau kalah dong! Eh tapi... begitu mendekati cuti, papa mendadak demam. Miiko jadi berlibur nggak ya?
Rate: 7,5/10

Cinta Mari-chan
Karena ingin komiknya lebih hidup, Mari-chan jadi ingin jatuh cinta. Waktu beli peralatan menulis, Mari-chan kepincut sama penjaga toko yang bernama Masahito. Cowok itu juga mendukung Mari-chan, malah ingin melihat komik Mari-chan kalau sudah jadi. Penampilan Mari-chan pun seketika berubah. Miiko yang penasaran ada apa dengan Mari-chan jadi kepo saking keponya, Miiko membuntuti Mari-chan. Ketahuan deh, Mari-chan suka sama siapa. Mau nggak mau Mari-chan cerita ke Miiko tentang Masahito dan juga hari di mana dia mau menunjukkan hasil komiknya ke cowok tersebut. Nah pas hari H tiba, Masahito rupanya membawa pacarnya juga! Bagaimana kelanjutannya? Bagaimana sikap Mari-chan setelah tahu kalau Masahito sudah punya pacar?

Best quote: Memang harus putus cinta untuk jadi komikus! Mulai sekarang, aku nggak takut putus cinta! Pokoknya cari terus cinta yang baru! - Mari-chan

Rate: 8/10

Kelihatan
Karena ada ulangan IPA mendadak dan Miiko hanya bisa mengerjakan dua dari sepuluh soal yang diberikan, Miiko mulai terhasut pikiran jahatnya untuk menyontek. Terlebih, situasinya lagi memungkinkan banget. Jawaban teman Miiko di depan kelihatan. Miiko jadi menyalin jawaban temannya itu. Eh, pas keluar hasilnya nama Miiko jadi pusat perhatian karena nilainya lebih tinggi dari kebanyakan teman-temannya. Karena perbuatan menyontek itu perasaan Miiko menjadi nggak tenang. Lantas, apa yang bakal Miiko perbuat? Penasaran, kan?
Rate: 9/10

Natal Nyut-nyutan
Gigi Miiko berlubang tapi ia takut periksa ke dokter. Pengen ditemani mama tapi mama masih kerja. Pas memberanikan diri untuk periksa eh pasien sebelumnya malah teriak teriak dari dalam ruangan. Bikin batin Miiko goyah dan akhirnya ia nggak jadi periksa. Waktu ditanya mama tentang periksa ke dokter, Miiko berbohong dan bilang sudah. Di hari teman-temannya nikmat menyeruput susu dingin, Miiko malah nggak bisa menikmati lantaran giginya ngilu. Eh, ketahuan sama Tappei deh. Jadi akhirnya bakalan seperti apa ya? Apa Tappei akan menemani Miiko ke dokter? Hihi... Rahasia!
Rate: 8/10

Mama Mulai Kerja
Gegara mama terlambat pulang, jadinya Miiko deh yang harus menjemput Momo-chan di tempat penitipan anak. Momo-chan terus-terusan menangis bahkan saat Miiko sudah datang menjemput. Miiko berinisiatif membuatkan Momo-chan susu eh tapi Momo-chan malah melempar botol susunya. Sesaat, Miiko pun mendapatkan ide. Apakah ide Miiko akan menenangkan Momo-chan?
Rate: 8,5/10

Aku Benci Bagi Rapor
Hal yang bikin Miiko benci dari pembagian rapor adalah saat-saat mengetahui nilai rapornya. Alhasil, Miiko jadi takut nunjukin ke mama. Saat Miiko tukaran rapor sama Yukko dan Mari-chan, nilai rapornya-lah yang paling buruk. Pas pulang, Miiko mau nggak mau harus menunjukan rapornya. Eh, tapi kok mama nggak marah ya? Kenapa?
Rate: 8,5/10 

Taman Fantasi Haruna
Kelas Miiko kedatangan murid baru yang bernama Sakamoto Haruna. Ia datang dari Fukushima di mana kota itu terkena gempa bumi besar hingga berdampak pada radiasi. Haruna disambut dengan hangat sama Miiko, Mari-chan, dan Yukko. Bahkan mereka bersama Kenta dan Tappei rela-relain membuat kejutan untuk Haruna. Kejutan apakah itu?
Rate: 7,5/10
***
Dulu, satu-satunya komik yang (bener-bener) bikin gue tergerak untuk mengoleksi seluruh serinya adalah komik Doraemon. Rupanya kehadiran komik Miiko membuat dia menempati urutan kedua dalam daftar komik seri wajib punya. Sama seperti Doraemon, nggak butuh waktu lama untuk menuntaskannya. Gue sangat rekomendasikan komik Miiko! Cerita-ceritanya terkadang dari kejadian-kejadian yang sering terjadi di sekitar. Ada kisah tentang persahabatan, keluarga, dan percintaan pula. Ada yang bikin senyum-senyum sendiri, bikin ngakak, dan bikin mewek juga. Paket combo abis nih! 

Di dalam kumpulan cerita terbaik Miiko! seri ke-tujuh ini, gue punya satu cerita yang favorit buatku yaitu "kelihatan". Ceritanya sangat menyegarkan buat gue. Dengan menyebutkan kata "nyontek" tentu bakal banyak tanggapan yang datang baik positif maupun negatif. Siapa sih yang nggak pernah nyontek? Mungkin ada, tapi nggak sedikit juga kan yang pernah. Ono Eriko hadir membawakan realita yang sering terjadi di sekolah dengan begitu apik. Gue suka! Suka ceritanya sekaligus tokoh guru yang ada di sana.

Sepertinya gue harus melengkapi seri kumpulan cerita terbaik Miiko! nih biar nggak ketinggalan. Pasalnya, seri ke-tujuh adalah satu-satunya yang gue punya dari seri ini. Kayaknya sih.

Jadi, tunggu apa lagi? Kalau suka komik berbau komedi ataupun bacaan komik yang ringan, gue saranin sih baca Miiko aja. 

post signature

10 komentar:

  1. Kaakk, aku juga suka baca komik. Tapi kalo miiko aku belum pernah baca, soalnya aku orang yang ngelihat sesuatu dari sampulnya, dan sampulnya miiko nggak menarik, jadi nggak kubaca. Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Paling komik bacaan Kakak itu Naruto kalau nggak One Piece ._.
      Hayoo ngaku!

      Hapus
  2. Kenapa harus baca kumpulan ceritanya dulu ??? haha , Anyway salam kenal ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena buat tester dulu. Kalau ketagihan, baru deh baca yang seri biasanya :p
      Salam kenal balik.

      Hapus
  3. Saya sukanya komik Doraemon :)

    BalasHapus
  4. Miiko ini banyak sekali ya yang suka, saya belum sempat baca, meskipun pengen baca :)
    Salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo, sempatkan baca, Kak!
      Semoga ketagihan! Hehe
      Salam kenal balik.

      Hapus
  5. wih, mbak ngikuti dari yang pertama yah?, sekarng sudah ketujuh.
    tapi Doraemon paling diidamkan yah, hhehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak dari pertama juga ^^
      Hmm... Sepertinya kedudukan mereka sama sekarang.

      Hapus

Tinggalkan jejak yuk ^^ Jangan pelit- pelit~ ❤