First Study Excursie #SBY

27 Oktober 2016


Tanggal 17 Oktober kemarin, aku dan temen-temen sekelas (-1) untuk kali pertama melakukan study excursie (SE) ke luar kota. Kunjungan pertama ini nggak jauh jauh amat, masih di kisaran provinsi Jawa Timur juga, yaitu ke kota Surabaya. Jam 7 pagi ngumpul di INBIS buat briefing dan membicarakan hal-hal lainnya. Sambil nunggu temen-temen yang pada belum datang juga. Jam setengah 8 kita udah di dalam bis pion. Siap berangkat menuju Surabaya. Let's go! 

Perjalanan memakan waktu kurang lebih dua jam. Beruntung deh laju bis nggak begitu laju nggak begitu pelan juga. Waktu dua jam juga nggak jadi persoalan karena ada temen ngobrolnya. Jadi sepanjang perjalanan, ngobrol mulai dari yang penting sampai nggak penting penting amat, selfie dengan berbagai pose, ngemil ngemil cantik, sampai duduk manis doang karena nggak tau mau ngapain lagi. HAHA!


Tujuan pertama kita adalah Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur yang terletak di kota Surabaya. Namun di sini kita lebih mendalami mengenai kearsipannya. Ada banyak ilmu yang didapatkan di sini mulai dari materi arsip statis, arsip inaktif, hingga arsip digital. Cara pengelolaannya, cara akuisisi arsip, dan sebagainya. Bisa ngelihat arsip-arsip yang sebelumnya belum pernah ditemui secara langsung pula. 

Meskipun dikejar durasi namun itu nggak jadi masalah.




Nah, tujuan kunjungan kedua kita adalah ke Universitas Kristen Petra. Nggak terlalu jauh dari Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur. Kita ke sini buat explore perpustakaannya. Nggak bisa dipungkiri kalau penghargaan buat perpustakaannya ada banyak soalnya perpustakaannya memang keren.

Perpustakaan Universitas Kristen Petra terdiri dari empat lantai! EMPAT LANTAI! Dari lantai 5 hingga 8! Itu perpustakaannya.

Keren parahnya karena banyak fasilitas yang bikin para pemustaka (pengunjung perpustakaan) betah berlama-lama di perpustakaan. 

Tapi yang paling kusuka sih bagian ruang pandang dengarnya. Nggak hanya DVD/CD buat belajar aja yang ada, tapi juga film-film gitu ada. Stok tontonannya ada banyak. Lagipula bisa nonton film atau drama bareng para pemustaka kayaknya seru tuh!
Waktu itu, pas ke sini lagi pada nonton film Chucky. Hiii~



Yang ini ruang pengadaan Perpustakaan Universitas Kristen Petra. Buku-buku yang baru masuk ke perpustakaan, yang belum diolah, sedang diolah, semuanya tertampung di sini. Nggak heran kalau masuk ke ruangan ini langsung disuguhkan pemandangan penuh buku.




Nggak heran deh kalau banyak penghargaan buat Perpustakaan Universitas Kristen Petra. Salut!

Btw, pas banget nih posting ini di hari blogger nasional.

Jadi, aku juga sekalian mau ngucapin Selamat Hari Blogger Nasional!
Semoga blognya nggak sering sering dianggurin yaaa hehe

@ BAPPERNAS

@ Perpustakaan Universitas Kristen Petra

post signature

4 komentar:

  1. Salut banget bisa bikin perpustakaan kayak gitu.. jadi pengen bikin perpustakaan eung. manajemennya gimana ya ? he

    BalasHapus
  2. lah ini kenapa perpustakaannya seru gitu, ada nonton barengnya gitu ya?
    hahha
    perjalanan sejauh apapun kalo ada temen ngobrolnya ya bakalan tetep asik aja sih. bener kan?

    BalasHapus
  3. seru juga ya main ke perpustakaan kampus lain. Btw, selamat hari blogger nasional n salam kenal :D

    BalasHapus
  4. Asyik nih jaln-jalan. #PengenKeSurabaya :(((((

    BalasHapus

Tinggalkan jejak yuk ^^ Jangan pelit- pelit~ ❤