[Blog Tour + Giveaway] Gadis Penenun Mimpi & Pria yang Melipat Kertas Terbang

24 Desember 2016


Judul Buku: Gadis Penenun Mimpi & Pria yang Melipat Kertas Terbang
Pengarang: Gina Gabrielle
Penerbit: Inner Child Crowdfund Publisher
Tahun Terbit: 2016
Tebal: 223 hlm
ISBN: 978-602-74865-0-8
Website: iccpublisher.com
Email: admin@iccpublisher.com
***
Bermula dari kisah seorang pemuda yang Hatinya dicampakkan. Dengan susah payah ia mengambil Hatinya kembali, dan kemudian ia melihatnya: sebuah luka sayatan yang menganga lebar.

"Tetapi, Teman, saat kau tidak tahu apa yang harus kaulakukan, kau akan mencoba segalanya." - hlm. 9
Setelah itu, pemuda yang Hatinya terluka berjalan mengikuti kertas terbang dalam Mimpi yang dilihatnya. Hingga langkah kakinya menuntunnya ke Lembah Es. Pemuda itu mengira Lembah Es dapat menyembuhkan Hatinya. Tapi, tidak. Tempat itu hanya dapat membekukan Hatinya, bukan menyembuhkan. Lalu, akankah luka Hati pemuda itu sembuh? 
Di sisi lain, seorang gadis dengan wajah tertutup cadar sedang mengerjakan tugasnya yakni menenun mimpi di Ujung Pelangi. Ada empat bahan untuk menenun mimpi: Benang Perasaan, Warna Keajaiban, Kegigihan, dan yang terakhir adalah Hati yang Penuh Cinta Kasih. Akan tetapi, stok Benang Perasaan hampir habis! Warna Keajaiban pun semakin menipis. Lalu bagaimana caranya gadis itu meneruskan tugasnya jika salah satu bahan tidak ada?
***
MY REVIEW
Satu kata untuk Gadis Penenun Mimpi & Pria yang Melipat Kertas Terbang: AJAIB!
Kok bisa kak Gina kepikiran nulis ini?! 
Ahem. #ketularankolibri
Menurutku, kata-kata indah kak Gina akan membuat pembaca larut dalam dunia yang diciptakannya. Bahkan kak Gina menyelipkan banyak sajak indah yang membuat pembaca hanyut dalam karyanya.
Ini salah satu kutipan favoritku:
"Masa lalu punya kekuatan. Semua orang diberinya harapan. Semua orang diberinya cobaan. Untuk bebas atau terjebak, semua itu pilihan." - hlm. 102
Dari segi judul yang cukup panjang ini saja sudah terlihat bagaimana menariknya buku ini. Selain Gadis Penenun Mimpi dan Pria yang Melipat Kertas Terbang, ada lagi tokoh-tokoh yang tidak kalah pentingnya. Semua tokoh disajikan dengan deskripsi yang detail. Siapa saja mereka? Ada Kol. Ibri, Kura-Kura Pengelana, Putri Tanpa Nama, Putri Boneka, Raja Harimau Putih, Pangeran Landak, Raja Harimau Putih, Manusia Bintang, Dayang Tikus, Anggra (penguasa Kastil Masa Lalu), hingga Noorannee.

Kalau ditanya siapa tokoh favoritku di sini sih aku jawab Kol. Ibri. Lucu sih. Burung pakai tuksedo sama dasi emas. Terus tiap ngomong pakai 'ahem... ahem...' #alasanmacamapaini

Awal mulanya aku mengira tokoh-tokoh itu tidak terlalu penting. Tapi ternyata mereka semua cukup berkaitan satu sama lain. 
Selain banyaknya tokoh, novel ini juga memiliki latar tempat yang unik bin ajaib. Latar tempat yang kental dengan nuansa dongeng. Selain Lembah Es, ada Ujung Pelangi, Hutan Kabut, Negeri Bawah Danau, lalu Dunia Mimpi.

Aku rasa usaha kak Gina dalam Gadis Penenun Mimpi dan Pria yang Melipat Kertas Terbang patut diacungi jempol. Tulisannya benar-benar ajaib dan membuat imajinasi semakin liar saat membaca buku ini. Biarpun alur di awal cukup lambat tapi lama kelamaan aku menikmati novel ini. Buku ini mengobatiku yang rindu akan kisah dongeng! Daebakkk!
***
WAKTUNYA GIVEAWAY!!! 
*jeng jeng jenggg~~*
Dalam rangka blogtour Gadis Penenun Mimpi dan Pria yang Melipat Kertas Terbang serta menyambut buku ini di toko buku *azeg dah!*,  aku dan Wenny Widy akan membagikan satu eksemplar buku ini. Siapa yang mauuu? *Pada ngacung yuk!*
 
Caranya cukup mudah kok.
Yaitu:
1. Follow blog ini via GFC (dapat ditemukan di bagian sidebar blog ini)
2. Wajib follow @msginagabrielle dan @ICCPublisher selaku penulis dan penerbit
3. Share info giveaway ini via twitter dengan hastag #GadisPenenunMimpi, lalu mention @vyselvia @msginagabrielle
4. Jawab pertanyaan via kolom komentar:
Jika kamu disuruh memilih menjadi Gadis Penenun Mimpi, Kol. Ibri, Kura-Kura Pengelana, Putri Tanpa Nama, Putri Boneka, Raja Harimau Putih, Pangeran Landak, Raja Harimau Putih, Manusia Bintang, Dayang Tikus, Anggra, atau Noorannee, kamu akan memilih siapa? Alasannya apa?

Jawab sekreatif mungkin yaaa! :)

5. Dan untuk memperbesar peluang menang, pastikan diri kamu untuk ikut giveaway di blog my partner, Wenny Widy yaaa!

Giveaway berlangsung dari hari ini, 24 sampai 30 Desember 2016! Pemenang akan diumumkan di blog maupun twitter secepatnya. 
Jadi, wajib ikutan yaaa! Ditunggu partisipasinya!
.
.
.
And the winner is...
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
INTAN NOVRIZA KAMALA SARI

Congratulations for you



Buat yang belum beruntung, jangan berkecil hati.
Nantikan giveaway selanjutnya di blog ini yaaa... :)

post signature

29 komentar:

  1. Suka banget sama kutipan yang kamu pilih, inspiring. Good luck ya buat giveaway nya :)

    BalasHapus
  2. Nama: Elsita F. Mokodompit
    Twitter: @sitasiska95
    Link Share: https://twitter.com/sitasiska95/status/812532223559643136
    Domisili: Gorontalo

    Kura-kura Pengelana. Walaupun jalannya pelan, tapi tujuannya pasti. Membuat aku berpikir bahwa dalam melakukan sesuatu kita nggak perlu terburu-buru, pelan-pelan namun pasti dilakukan dengan tulus ikhlas. Dengan demikian, perjalanan kita bukan hanya bertumpu pada tujuan yang ingin kita capai, tapi juga mendapatkan makna dari apa yang telah kita lewati :))

    BalasHapus
  3. Nama: Rinita
    Twitter: @Rinitavyy
    Link Share: https://mobile.twitter.com/RinitAvyy/status/812540981882994688?p=v

    Gadis Penenun Mimpi.
    Kenapa? Karena dialah peneran utamanya. Karena menurutku, tiap orang pasti akan merasa senang bila di tempatkan sebagai sorotan utama dalam scenario. Alasan lainnya, Gadis Penenun Mimpi, bila di artikan: Digambarkan sebagai anak perempuan (omong-omong aku juga perempuan) yang memiliki sebuah mimpi yang kemudian ingin mewujudkannya dengan menenun atau kalao di artikan sama dengan dengan usaha serta kerja kerasnya..

    BalasHapus
  4. Waaah, lagi ngadain giveaway, yak. Semoga sukses dan banyak pesertanya.

    BalasHapus
  5. Nama: insan gumelar ciptaning gusti
    Twitter: @san_fairydevil
    Link: https://twitter.com/san_fairydevil/status/812635833446514688

    Anggra, penguasa kastil masa lalu. Eaa, masalalu ada kastilnya. Ntar isinya mantan semua eeeaaa >< kalo mau masuk harus menceritakan masalalu, iya masalalu bukan masalague *apaapaan ini?*
    Bagi yang lupa ingatan, harap menemukan ingatannya sebelum masuk ke kastil yang isinya pangeran ganteng semua.. > o< > o< *kalo ini cuman keinginanku doang*

    BalasHapus
  6. Nama: Bety Kusumawardhani
    Twitter: @bety_19930114
    Linkshare: https://mobile.twitter.com/bety_19930114/status/812479678099267585?p=v
    Domisili: Surakarta

    Manusia bintang karena meskipun satu namun pancaran sinarnya mampu memberikan manfaat bagi semua makhluk hidup tanpa pamrih meskipun sering diabaikan. Bintang yg aku maskud yaitu matahari. Kita tahu bahwa matahari adalah bintang di pusat tata surya.

    BalasHapus
  7. Reviewnya mantap dan kutipannya inspiring. Sukses GA nyaa yaaa :D

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Saya ingin menjadi Kura-kura pengelana, yang bisa berkelana kemana saja untuk menikmati hidup dan mendapatkan pengetahuan baru tentang arti sebuah kehidupan. Kura-kura walaupun lambat tapi dia adalah sosok hewan yang mempunyai kesabaran yang besar, jiwa pantang menyerah, tekad yang kuat, dan keberanian yang besar. Meski dia lambat dia tidak pernah berhenti untuk terus berjalan mencapi tujuannya, karena dia yakin untuk mencapai tujuan itu, butuh proses, dan proses itu tidaklah mudah.

    https://mobile.twitter.com/NhisaMinoz75/status/812742258248204288?p=v

    BalasHapus
  10. Nama : Moh. Rifandi Harun
    twitter : @justikal
    Domisili : Gorontalo

    Saya ingin menjadi Manusia Bintang. Bintang adalah salah satu benda langit yang konsisten menurut saya. tak peduli bulan enggan menyapa atau malam begitu kelabu, bintang tetap setia dan dan hadir menyinari bumi. meski jaraknya lebih jauh dari bulan namun dia tetap berusaha ada meski sinarnya hanya setitik. Jadi, ketika ada Manusia Bintang maka ekspektasi kita terhadap bintang tak lagi sebats angan namun menjadi sebuah realitas yang menyenangkan. :)


    link share : https://twitter.com/justikal/status/812836179250847746

    BalasHapus
  11. Nama : Ratna
    Twitter : @ratnaShinju2ci
    Domisili : Jepara

    Jawab

    Kura-Kura Pengelana. Alasannya karena dengan menjadi kura-kura berkenalan, siapa tahu saya jadi bisa berkelana keberbagai tempat yang keren dan menakjubkan. Sehingga pengetahuan saya bisa bertambah melalui tempat-tempat yang saya singgahi. Selain itu, karena kura-kura itu binatang yang cukup unik. Mengingatkan kisah dongen kura-kura dan kancil. Kura-kura itu binatang yang selalu sabar dilihat dari cara berjalannya yang lamban, namun dia memiliki tekad kuad dan tidak mudah menyerah.

    BalasHapus
  12. Nama: Alfath
    twitter: @alfari_12
    Domisili: sidoarjo
    Link share:https://twitter.com/alfari_12/status/812929493924884481

    Jawab: saya ingin menjadi Putri Tanpa Nama
    seperti ungkapan mbak @vyelvia pada review di atas, "Awal mulanya aku mengira tokoh-tokoh itu tidak terlalu penting. Tapi ternyata mereka semua cukup berkaitan satu sama lain" tokoh Putri Tanpa Nama bukanlah tokoh utama cerita ini. Namun dia ada karena penulis memandang perlu tokoh ini dalam cerita sang gadis penenun mimpi. Tanpa putri tanpa nama (dan beberapa peran pendamping yang bahkan hanya disebut beberapa kali dalam cerita) cerita akan terasa sepi dan kurang interaksi di dalamnya. Kemudian, mendengar 'gadis tanpa nama' pasti menyisakan sedikit misteri pada tokoh ini dalam cerita. :)

    BalasHapus
  13. Gadis Penenun Mimpi.
    Aku suka ketika memintal asa, memiliki harapan-harapan baik dan dapat menyenangkan orang sekitar. Tapi, di sisi lain juga bisa mewujudkan mimpi sendiri dan menyenangkan orang yang aku cintai. Suatu saat, aku yakin bisa bertemu dengan Pria yang Melipat Kertas seperti di buku ini.

    Link share: https://twitter.com/ayucalista18/status/813094261172252672

    BalasHapus
  14. Twitter: @PrinceesAinhy
    Nama akum gfc: pena edelweiss
    Aku ingin menjadi gadis penenun mimpi.
    Sama seperti tokoh tersebut, aku sedanh menenun mimpi untuk masa depan. Mungkin bermimpi terlihat mudah, tp bagiku itu cukup sulit seperti menenun sebuah sarung. Harus terlihat indah dan rapi. Begitupun mimpi. Nggk boleh asal bermimpi. Dan tak jarang ad yg meragukan mimpi itu, membully malah. Mungkin it yg sedang dialamj gadis penenun mimpi. Bgmnapun, aku yakin, menjadi gadis penenun mimpi, hidup dalam harapan2 dan pasti dikelilingi oleh shbt2 yg akn sllu membantunya. :)

    BalasHapus
  15. Twitter: @PrinceesAinhy
    Nama akum gfc: pena edelweiss
    Aku ingin menjadi gadis penenun mimpi.
    Sama seperti tokoh tersebut, aku sedanh menenun mimpi untuk masa depan. Mungkin bermimpi terlihat mudah, tp bagiku itu cukup sulit seperti menenun sebuah sarung. Harus terlihat indah dan rapi. Begitupun mimpi. Nggk boleh asal bermimpi. Dan tak jarang ad yg meragukan mimpi itu, membully malah. Mungkin it yg sedang dialamj gadis penenun mimpi. Bgmnapun, aku yakin, menjadi gadis penenun mimpi, hidup dalam harapan2 dan pasti dikelilingi oleh shbt2 yg akn sllu membantunya. :)

    BalasHapus
  16. Twitter: @PrinceesAinhy
    Nama akum gfc: pena edelweiss
    Aku ingin menjadi gadis penenun mimpi.
    Sama seperti tokoh tersebut, aku sedanh menenun mimpi untuk masa depan. Mungkin bermimpi terlihat mudah, tp bagiku itu cukup sulit seperti menenun sebuah sarung. Harus terlihat indah dan rapi. Begitupun mimpi. Nggk boleh asal bermimpi. Dan tak jarang ad yg meragukan mimpi itu, membully malah. Mungkin it yg sedang dialamj gadis penenun mimpi. Bgmnapun, aku yakin, menjadi gadis penenun mimpi, hidup dalam harapan2 dan pasti dikelilingi oleh shbt2 yg akn sllu membantunya. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Link share:https://twitter.com/PrinceesAinhy/status/813179258025582592

      Hapus
  17. nama: Aulia
    twitter: @nunaalia
    link share: https://twitter.com/nunaalia/status/813315593671561216
    domisili: Serang

    Jika kamu disuruh memilih menjadi Gadis Penenun Mimpi, Kol. Ibri, Kura-Kura Pengelana, Putri Tanpa Nama, Putri Boneka, Raja Harimau Putih, Pangeran Landak, Raja Harimau Putih, Manusia Bintang, Dayang Tikus, Anggra, atau Noorannee, kamu akan memilih siapa? Alasannya apa?

    Kura-Kura Pengelana, karena bisa menjelajah ke berbagai tempat dan bertemu banyak hal yang pastinya akan memberikan banyak pengalaman.

    BalasHapus
  18. Nama: Ana Bahtera
    Twitter: anabahtera
    Link share: https://twitter.com/anabahtera/status/814250960297988096

    Jawaban pertanyaan:
    Aku memilih menjadi Gadis Penenun Mimpi yang terus berusaha mewujudkan mimpi-mimpiku dan dengan perlahan juga menenun mimpi-mimpi orang lain agar bisa terwujud juga.

    BalasHapus
  19. GFC : Intan Novriza Kamala Sari
    Twitter : @inokari_
    Link share : https://twitter.com/Inokari_/status/814282114887663616

    Jawaban :

    Jika kamu disuruh memilih menjadi Gadis Penenun Mimpi, Kol. Ibri, Kura-Kura Pengelana, Putri Tanpa Nama, Putri Boneka, Raja Harimau Putih, Pangeran Landak, Manusia Bintang, Dayang Tikus, Anggra, atau Noorannee, kamu akan memilih siapa? Alasannya apa?

    Aku memilih untuk jadi Raja Harimau Putih. Karena ..

    1. Raja Harimau Putih adalah pemimpin yang perkasa.

    Bukan hanya perannya sebagai predator yang terlihat mengintimidasi, harimau adalah pemimpin di hutan yang bertugas untuk mengendalikan tingkah laku dan populasi herbivora. Tidak ada harimau = tidak ada kehidupan yang stabil di hutan. Trophic Cascade. Rantai makanan akan kacau balau. Contoh, populasi rusa akan meningkat pesat jika harimau tak ada dan ini akan menyebabkan populasi tanaman berkurang. Hutan akan musnah jika tanaman tak ada!

    2. Saat hidup bermanfaat, mati pun tak sia-sia.

    Berapa banyak item fashion manusia yang dibuat dari kulit harimau? Sebut saja baju, topi, dompet, dan lain-lain. Bahkan kerangka harimau pun dapat dijadikan hiasan yang bernilai tinggi. Alangkah manisnya jika hidup kita seperti harimau, ketika hidup memberikan manfaat, mati pun tidak dilupakan karena manfaatnya tetap bisa dirasakan.

    Sekian. Terima kasih. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat ya kak intan :D hehe Semoga berkah

      Hapus
  20. nama: afifah khoiriyah
    akun twitter : @Afifah_1412
    domisili : Yogyakarta
    link share: https://twitter.com/Afifah_1412/status/814338518570979329
    Campuran gadis penenun mimpi dan kura2 pengelana... Aku suka bermimpi. Salah satunya ingin pergi dari zona nyamanku. Untuk itu aku menjadi kura2 pengelana. Aku pergi dari satu tempat ke tmpat lain mengelana mencari sebuah jawaban atas tanda tanya dari banyak mimpiku. Hingga mimpi2 itu bisa terwujud. Jadi menurutku gadis penenun mimpi dan kura2 pengelana saling melengkapi

    BalasHapus
  21. nama: afifah khoiriyah
    akun twitter : @Afifah_1412
    domisili : Yogyakarta
    link share: https://twitter.com/Afifah_1412/status/814338518570979329
    Campuran gadis penenun mimpi dan kura2 pengelana... Aku suka bermimpi. Salah satunya ingin pergi dari zona nyamanku. Untuk itu aku menjadi kura2 pengelana. Aku pergi dari satu tempat ke tmpat lain mengelana mencari sebuah jawaban atas tanda tanya dari banyak mimpiku. Hingga mimpi2 itu bisa terwujud. Jadi menurutku gadis penenun mimpi dan kura2 pengelana saling melengkapi

    BalasHapus
  22. Nama:Dini Auliana Putri
    Twitter :@Dini_Auliana28
    Link share :https://twitter.com/Dini_Auliana28/status/814370076736397312
    Domisili :Lampung Tengah

    Jawaban :Putri Tanpa Nama sepertinya unik. Aku bahkan masih belum terpikir seperti apa rupa dari Putri Tanpa Nama. Entah itu berwujud binatang atau manusia. Sebab novel ini seprti kisah dongeng yang banyak mengandung kiasan. Mungkin filosofi dari Putri Tanpa Nama itu ketika dia ditanya oleh seseorang, dia hanya diam saja. Entah itu karena sariawan ataupun sedang menahan muntah. Sehingga muncul julukan Putri Tanpa Nama.

    BalasHapus
  23. Rini Cipta Rahayu
    @rinicipta

    Putri Tanpa Nama. Aku ingin menjadi seseorang yang berkesan bagi orang-orang yang mengenalku. Mereka tidak perlu tau namaku, mereka berhak memberikanku nama. Baik negatif maupun positif. Mereka cukup mengenalku dan memanggilku sesuai dengan definisi masing-masing, ketika aku berinteraksi dengan mereka. Ada yang menyebutkan, manusia akan lebih mudah mengingat wajah daripada nama. Jadi kalaupun mereka melupakan namaku, mereka setidaknya lebih mudah mengingat wajahku dan kenangan-kenangan mereka bersamaku. Itu jauh lebih membahagiakan daripada dilupakan begitu saja :')

    BalasHapus
  24. Balasan
    1. Yang menang kak Intan.
      Di postingan sudah tertera, kak. :)

      Hapus
  25. Aduh ku terlambat mengikutinya hihi, selamat ya buat kak intan. Udah lama banget juga nih ga baca buku atau novel apapun, aku keasikan main socmed :(
    *kemudian curhat*

    BalasHapus

Tinggalkan jejak yuk ^^ Jangan pelit- pelit~ ❤