4 Pilihan Tempat Wisata Pemandian Air Panas di Bogor

7 Desember 2017


Hai, hai!
Kalau kemarin aku review soal snack-snack, sekarang waktunya melipir ke travelling.

Pada kesempatan kali ini, aku mau kasih rekomendasi tempat wisata pemandian air panas di kawasan Bogor.


Sebelumnya, pada tahu nggak nih manfaat mandi air panas? Nah, salah satu manfaatnya adalah melancarkan peredaran darah, yang mana bisa meredakan gejala stres. Lalu, bagaimana jika mandi air panas dilakukan bersamaan dengan wisata? Ada banyak tempat wisata di Bogor yang menawarkan berbagai macam tempat pemandian air panas.

Tempat pemandian air panas ini tidak hanya sekadar membasahi tubuh dengan air saja, namun juga dapat dijadikan sebagai tempat berendam ala jacuzzi, bersantai, dan jauh dari aktivitas sehari-hari yang padat. Ketika berada di Bogor, kamu juga bisa menikmati wisata kuliner yang ada di sana.

Sedang berada di dekat Bogor? Atau ada rencana pergi ke kota hujan ini?
Berikut beberapa tempat wisata pemandian air panas yang sebaiknya segera kita kunjungi untuk melepas penat.

1. Kolam pemandian air panas di Gunung Peyek


sumber: @anang_nawansyah

Terletak di Ciseeng, Parung, Kabupaten Bogor, terdapat sebuah kolam pemandian air panas yang kabarnya masih belum terjamah oleh banyak pengunjung.

Di sekitar tempat ini pun masih sangat asri dan terasa kesejukannya. Bahkan beberapa hal yang bersifat alami seperti kehadiran Gunung Kapur, atau pohon setengah tumbang akan ditemukan di tempat ini.

Setelah sampai di lokasi yang akan dituju, pengunjung akan menemukan tiga kolam pemandian air panas dengan bau belerang yang cukup menyengat. Namun tenang saja, kolam ini aman untuk dijadikan sebagai ritual mandi panas bagi yang ingin melepas penatnya. Tertarik nyoba nggak? :))

2. Pemandian air panas di kaki Gunung Salak, Ciparay


sumber: come-on-danindi.blogspot.com

Bagi yang ingin menikmati suasana alam yang sejuk di kaki Gunung Salak sembari mandi air panas, maka Desa Ciparay adalah tempatnya. Di desa ini terdapat sebuah sungai bernama Cikuluwung yang dialiri air panas. Aliran air di Sungai ini yang dijadikan sebagai tempat pemandian air panas.

Sembari menikmati keseruan mandi air panas setiap pengunjung yang datang bisa melihat keindahan alam di sekitar tempat ini. Menurut informasi di halaman Traveloka, di sekitar pemandian air panas ini terdapat saung untuk menikmati pepohonan hijau hingga penginapan murah dan beberapa rumah makan yang dibuka untuk pengunjung.


3. Pemandian Tirta Sanita, Ciseeng

sumber: yukpiknik.id

Tempat pemandian air panas berikutnya yang dapat juga dijadikan sebagai tempat wisata adalah Tirta Sanita Ciseeng Bogor!

Tempat ini terletak di daerah Bojong Indah, Parung. Nah, tempat pemandian air panas ini tidak kalah sejuknya, lho, dibandingkan dengan pemandian air panas yang berada di kaki Gunung Salak.


Deretan pohon palem yang ditata rapi, pada pintu masuk pemandian sengaja disiapkan agar penunjung bisa betah berlama-lama. 

Pemandian air panas ini terbentuk karena batuan-batuan belerang yang masih tersimpan di sekitar tempat ini. Kandungan belerang ini yang akhirnya menghasilkan air yang panas. Namun, pihak pengelola biasanya akan memberikan batasan tertentu pada pengunjung karena jika terlalu lama berada di pemandian ini bisa mengalami keracunan karena kadar belerang yang terdapat di tempat pemandian air panas ini cukup tinggi.


4. Pemandian Air Panas Gunung Pancar


sumber: lovelybogor.com

Jika biasanya Gunung Pancar identik dengan spot foto yang hits di zaman sekarang dengan latar deretan pohon pinus di sekelilingnya, maka kali ini kita harus berkunjung ke pemandian air panas yang disediakan oleh pihak pengelola Gunung Pancar.

Meskipun tidak sepanas pemandian air panas di Ciparay dan air panas Tirta, namun pemandian air panas di Gunung Pancar ini bisa membuat tubuh menjadi lebih terasa nyaman dan bisa membuat pikiran menjadi lebih santai.

Tidak jarang pengunjung yang datang ke pemandian air panas ini merupakan pengunjung yang berkemah di sekitar Gunung Pancar. Bagi yang belum mencobanya, langsung saja menuju Gunung Pancar, Karang Tengah, Babakan Bogor atau sangat dekat dari daerah Sentul.

Setiap tempat wisata di Bogor yang menawarkan pemandian air panas ini terbuka untuk umum, baik saat hari biasa atau akhir pekan. Sementara itu, untuk harga tiketnya bervariasi dan pastinya ramah dengan kantong. 

Gimana? Tertarik buat berwisata di pemandian air panas nggak?

Sekian postinganku kali ini.
Sampai bertemu di postingan berikutnya :))
BHAY!

post signature

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan jejak yuk ^^ Jangan pelit- pelit~ ❤